Sabtu, 09 Juni 2012

Berita Pidato, Pertemuan dan Wawancara


Dalam menulis berita pidato, wartawan pemula harus memperhatikan saran-saran sebagai berikut:
  1. Dalam lead berita, tampilkan unsur yang paling mencolok dari pidato bersangkutan.
  2. Jangan memperumit lead dengan detail yang terlalu banyak. Anda dapat menyebutkan di mana ia berbicara dan di hadapan siapa dalam alinea kedua.
  3. Gunakan kutipan-kutipan langsung.
  4. Selalulah pastikan siapa yang berbicara
  5. Sebaiknya mengutip ucapan asli si pembicara sendiri.
  6. Dalam menyusun materi berita pidato, wartawan harus mengangkat temanya, kutipan-kutipan yang tidak lazim atau bersifat provokatif, dan detail-detail berita yang bersifat prinsip.
Lead retorika yang mungkin dapat dipakai dalam berita-berita pidato atau ceramah ada lima macam:
  1. Dimulai dengan nama
  2. Dimulai dengan menyebut judul pidato atau ceramah
  3. Dimulai dengan kutipan langsung
  4. Dimulai dengan ringkasan pokok permasalahan
  5. Dimulai dengan peristiwanya atau keadaannya
Meliput sebuah pertemuan bisa lebih sulit daripada meliput pidato, terutama jika pertemuan itu berlangsung lama dan membahas bermacam-macam masalah yang rumit.
Dari kegiatan suatu pertemuan yang akan diselenggarakan. Wartawan harus berusaha mendapatkan keterangan seputar hal-hal berikut ini:
  1. Organissi. Nama organisasinya harus jelas.
  2. Waktu dan tempat
  3. Acara
Menurut cara dilakukannya, terdapat tiga macam cara wawancara. Pertama, wawancara secara tatap-muka. Kedua, wawancara melalui telepon. Ketiga, wawancara kelompok, ini merupakan percakapan yang dilakukan dengan lebih dari satu orang narasumbeer dalam suatu kesempatan.
Menurut pembagian kategori tujuannya ada dua macam wawancara , yaitu pertama wawancara untuk membuat berita kutipan (quote story) yang disebut talking-news, dan kedua untuk membuat berita yang didasarkan pada wawancara. Berita yang didasarkan pada wawancara adalah berita-berita yang fakta-faktanya dikumpulkan melalui proses wawancara; dalam hal ini, wartawan bertanya dan sumber berita menjawab.
Jurnalisme modern mengenal tiga bentuk berita yang dihasilkan dari tiga macam wawancara seperti berikut ini: (1) wawancara berita (news interview), (2) wawancara profil pribadi (personality interview), (3) wawancara kelompok (symposium interview).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar